Shopping cart:
Jumlah = pcs
Keranjang
(0341) 9653.888
081234.100.868 (Telkomsel) / 085.859.859.810 (Indosat)
76A2E989
0818.0515.4000 (XL)

ROSELLA KAYA MANFAAT ANTIOKSIDAN ANTIKANKER VITALITAS TONIK

Kategori ARTIKEL KESEHATAN, MANFAAT TANAMAN OBAT
Di lihat 960 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Pesan Sekarang !
081234.100.868 (Telkomsel) / 085.859.859.810 (Indosat)
08.00 - 16.30 (Minggu Tutup)
Pilih Warna atau Produk Lainnya
MANFAAT ROSELLA MENINGKATKAN STAMINA, DAN DETOKSIFIKASI JUGA DIET

SEJUTA MANFAAT ROSELLA

gambar rosella 224x300 ROSELLA KAYA MANFAAT  ANTIOKSIDAN ANTIKANKER VITALITAS TONIK

Khasiat

Khasiat rosela antara lain untuk menurunkan asam urat, Hipertensi, Diabetes mellitus, memperbaiki metabolisme tubuh, melangsingkan Tubuh, menghambat sel kanker, mencegah sariawan dan panas dalam, menambah vitalitas, meredakan batuk, mencegah flu, antioksidan, antihipertensi, antikanker, antidepresi, antibiotik, aprodisiak, diuretik (peluruh kencing), sedatif, tonik, dan menurunkan absorpsi alkohol.

Pemanfaatan kelopak bunga Rosela sudah dikenal dan diteliti baik oleh pakar kesehatan modern maupun pakar kesehatan tradisional di berbagai negara di dunia. Kelopak bunga tersebut diketahui mengandung zat-zat penting yang diperlukan oleh tubuh, seperti vitamin C, vitamin A, protein esensial, kalsium, dan 18 jenis asam amino, termasuk arginina dan legnin yang berperan dalam proses peremajaan sel tubuh.

Secara tradisional, ekstrak kelopak rosela berkhasiat sebagai antibiotik, aprodisiak (meningkatkan gairah seksual), diuretik (melancarkan buang air kecil), pelarut, sedativ (penenang), dan tonik. Sebuah penelitian yang dilakukan ilmuwan Chung San Medical University di Taiwan, Chau-Jong Wang, konsumsi rosela digunakan sebagai salah satu cara baru untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Flora ini terbukti secara klinis mampu mengurangi jumlah plak yang menempel pada dinding pembuluh darah. Tidak hanya itu, rosela juga memiliki potensi untuk mengurangi kadar kolesterol jahat yang disebut LDL dan lemak dalam tubuh. Hal ini menunjukkan bahwa rosela juga bermanfaat terhadap penurunan tekanan darah pada penderita hipertensi (tekanan darah tinggi), membantu program diet bagi penderita kegemukan (obesitas), melancarkan peredaran darah, menurunkan demam umum, melancarkan dahak bagi batuk berdahak, dan dapat dimanfaatkan untuk melancarkan buang air besar.

Ditinjau menurut sudut pandang medis modern (kedokteran), mengonsumsi olahan kelopak bunga rosela secara teratur menunjukkan kesetaraan hasil dengan pengobatan modern (farmakologis) pada beberapa penyakit berikut ini:

Sebagai Terapi Hipertensi

Pemberian ekstrak kelopak rosela yang mengandung 9,6 miligram anthocyanin setiap hari selama 4 minggu, mampu menurunkan tekanan darah yang hampir sama dengan pemberian captopril 50 mg/hari. Rosela terstandar tersebut dibuat dari 10 gram kelopak kering dan 0,52 liter air (Herrera-Arellano, 2004). Terdapat penurunan tekanan darah sistolik sebesar 11,2 % dan tekanan diastolik sebesar 10,7% setelah diberi terapi teh rosela selama 12 hari pada 31 penderita hipertensi sedang (Haji Faraji, 1999).

Asam Urat dan Kesehatan Ginjal

Tingginya kadar asam urat, kalsium dan natrium dalam darah secara mekanisme normal tubuh akan dikurangi dengan membuang kelebihan unsur tersebut melalui ginjal. Jika kondisi demikian dibiarkan berlangsung lama akan memberatkan kerja ginjal sebagai penyaring darah dalam tubuh. Kondisi ini dapat memicu kesakitan pada ginjal. Dengan mengonsumsi rosela, ditemukan penurunan kreatinin, asam urat, sitrat, tartrat, kalsium, natrium, dan fosfat dalam urin pada 36 pria yang mengonsumsi jus rosela sebanyak 16-24 g/dl/hari (Kirdpon, 1994).

Khasiat Lebih jauh

Rosela diketahui memiliki kandungan senyawa fenolik yang berfungsi sebagai antioksidan sebanyak 23,10 mg dalam setiap gram bobot kering kelopak rosela. Sejumlah antioksidan yang dikandung rosela tersebut memiliki aktivitas 4 kali lebih tinggi dibanding bubuk kumis kucing. Penelitian yang dilakukan oleh Ir Didah Nur Faridah MSi, periset Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan Institut Pertanian Bogor, menunjukkan bahwa kandungan antioksidan yang dimiliki oleh kelopak rosela terdiri atas senyawa gossipetin, antosianin, dan glukosida hibiscin yang mampu memberikan perlindungan terhadap berbagai penyakit degeneratif (akibat proses penuaan) seperti jantung koroner, kanker, diabetes melitus, dan katarak.

Peneliti Faculty of Agriculture, Kagoshima University, De-Xing Hou menemukan adanya kandungan delphinidin 3-sambubioside dan cyanidin 3-sambubioside, antosianin pada rosela yang ampuh mengatasi kanker darah alias leukeimia. Cara kerjanya adalah dengan menghambat terjadinya kehilangan membran mitokondrial dan pelepasan sitokrom dari mitokondria ke sitosol. Jika molekul mengandung elektron seperti guanin DNA terserang, kesalahan replikasi DNA mudah terjadi. Kerusakan DNA memicu oksidasi LDL, kolesterol, dan lipid yang berujung pada penyakit ganas seperti kanker dan jantung koroner. Namun, antioksidan yang dikandung rosela meredam aksi radikal bebas yang menyerang molekul tubuh yang mengandung elektron. Secara singkat, adanya mekanisme tersebut menjelaskan bagaimana antioksidan yang terdapat dalam kelopak rosela menghambat pertumbuhan sel kanker dan kejadian penyakit jantung koroner.

Selain hal-hal yang dikemukakan di atas, rosela juga terbukti dapat menurunkan kadar trigliserida dan LDL-kolesterol dalam darah. Penelitian terhadap efek kerabat bunga sepatu itu terhadap kegemukan juga dilakukan oleh Sayago-Ayerdi SG dari Department of Nutrition, Universidad Complutense de Madrid, Spanyol. Menurut Sayago rosela mengandung 33,9% serat larut yang membantu meluruhkan lemak. Kendati demikian,kadar keasaman (pH) seduhan rosela mencapai 3,14 sehingga perlu diwaspadai reaksi lambung untuk pengidap maag, karena kemungkinan memiliki efek merugikan.

Pengolahan dan Pemanfaatan

magnify clip ROSELLA KAYA MANFAAT  ANTIOKSIDAN ANTIKANKER VITALITAS TONIK

Minuman yang terbuat dari bunga rosela

200px Mbo ROSELLA KAYA MANFAAT  ANTIOKSIDAN ANTIKANKER VITALITAS TONIK

Kesalahan dalam pengolahan dan penyimpanan akan berpengaruh terhadap efektifitas kandungan zat dalam rosela. Tentu saja hal tersebut mampu menurunkan kemanfaatan terhadap tubuh dan efek dari mengonsumsi rosela seperti yang kita harapkan tidak muncul. Kerusakan yang berdampak pada hilangnya manfaat kandungan zat aktif dalam rosela sebenarnya sangat mudah untuk dikenali. Rosela yang telah hilang kemanfaatannya dikenali melalui warna dari seduhan kelopak rosela. Tidak adanya warna merah anggur khas rosela dalam seduhannya menunjukkan antosianin (zat aktif dalam rosela, red.) telah terdegradasi dan khasiatnya pun sudah tidak ada lagi. Hal ini terjadi pada hasil olahan rosela yang berbentuk sirup dalam botol kaca bening yang terkena sinar matahari langsung.

Teh

Untuk mendapatkan khasiat terbaik dalam kelopak rosela sebenarnya tidak sulit. Untuk mendapatkan teh rosela, bunga yang sudah dipetik, dijemur di bawah terik matahari selama 1-2 hari agar memudahkan pemisahan lidah kelopak dengan bijinya. Kemudian cuci air bersih dan jemur kembali selama 3-5 hari. Remas kelopaknya, jika mudah menjadi bubuk artinya kadar air telah mencapai 4-5%. Seduh 2-3 g teh rosela dengan air mendidih hingga larut dan air berubah menjadi kemerahan. Untuk diet, penderita batuk, atau diabetes gunakan gula rendah kalori seperti gula jagung. Atau setelah dipisahkan dari bijinya, bunga segar rosela yang telah dicuci dapat langsung diseduh dengan air panas.

Di Afrika, khususnya di Sahel, rosela umumnya digunakan untuk membuat teh manis herbal yang biasa dijual di jalanan. Bunga-bunga kering dapat ditemukan di pasar-pasar setempat. Teh Rosella juga cukup mudah dijumpai di Italia, di mana tanaman ini menyebar pada dekade pertama abad ke-20 sebagai produk khas dari koloni Italia. Di Trinidad dan Tobago di mana banyak diproduksi bir, di sini memproduksi Shandy Sorrel yaitu minuman teh dikombinasikan dengan bir.

Di Thailand, Rosella diminum sebagai teh, diyakini juga mengurangi kolesterol. Hal ini juga dapat dibuat menjadi anggur, rosella biasanya ditemukan dalam teh herbal yang dijual di pasaran, khususnya teh yang diiklankan sebagai berry-flavored, karena rosella bisa memberikan warna merah cerah untuk makanan dan minuman.

Selai

Di Afrika, rosela dijadikan selai atau jeli. Itu diperoleh dari serat yang terkandung dalam kelopak rosela. Rosela juga bisa dibuat salad buah yang dimakan mentah. Dapat juga dikonsumsi dengan kacang tumbuk atau direbus sebagai pengisi kue sesudah dimasak dengan gula. Kerap bisap-sebutan rosela di Senegal disuguhkan sebagai minuman tradisional saat natal. Caranya, kelopak rosela dicampur irisan jahe dan gula lalu ditaruh pada teko tembikar. Setelah itu dididihkan dan diamkan semalam. Disajikan dengan menambahkan es dan rum, ‘Jus’ itu berasa, beraroma, dan berwarna mirip minuman anggur.

Sayuran

Dalam masakan Andhra [4], cannabinus Hibiscus atau rosella disebut dengan nama Gongura yang secara luas digunakan sebagai masakan. Daun rosella diolah dengan cara dikukus bersama dengan lentil [5] dan dikonsumsi sebagai Dal [6] atau bubur. Masakan tersebut juga dicampur dengan rempah-rempah dan dibuat menjadi Pacchadi.

Obat

Banyak bagian dari tanaman juga diklaim memiliki nilai herbal dalam hal obat-obatan. Mereka telah digunakan untuk tujuan pengobatan seperti Meksiko melalui Afrika, dan juga dari India hingga menyebar ke Thailand. Rosella dikaitkan dengan obat tradisional dan dipercaya bisa mengobati beberapa penyakit seperti hipertensi dan infeksi saluran kemih.

Fitokimia (senyawa pada tumbuhan)

Tanaman ini mengandung antosianin, asam protosatekuat, asam askorbat, ekstrak saliks,[7] glikosida cardiac, flavonoid, saponin, alkaloid, sardenoleda,[8] anthocyanins delphinidin-3-O-sambubioside, cyanidin-3-O-sambubioside,[9] Rosella kering mengandung flavonoid gossypetin, hibiscetine dan sabdaretine. Pigmen utama yang sebelumnya dilaporkan sebagai hibiscin telah diidentifikasi sebagai daphniphylline. Sejumlah kecil myrtillin (delphinidin 3-monoglucoside), Chrysanthenin (cyanidin 3-monoglucoside), dan delphinidin juga terdapat pada tanaman ini.

Incoming search terms:

  • manfaat cuka rosela
  • khasiat cuka rosela
  • manfaat cuka rosella
  • tumbuhan vitalitas
  • manfaat cuka bunga rosela
  • kapsul ekstrak bunga rosella
  • nama obat bunga rosella di apotik
  • teh bunga rosela di jual d apotik
  • Teh bunga rossela apakah ada di apotik dan harga nya berapa
  • manfaat rosella kapsul

Kopi Organik Indonesia Untuk Kopi E

Rp (Hubungi CS)
Detail
Order Sekarang » SMS : 081234.100.868 (Telkomsel) / 085.859.859.810 (Indosat)
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangKopi Organik Indonesia Untuk Kopi Enema Coffee
Harga Rp (Hubungi CS)
Lihat Detail »

Manfaat KEFIR Bakteri Probiotik Enz

Rp (Hubungi CS)
Detail
Order Sekarang » SMS : 081234.100.868 (Telkomsel) / 085.859.859.810 (Indosat)
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangManfaat KEFIR Bakteri Probiotik Enzim Susu Kambing | Kefir Malang
Harga Rp (Hubungi CS)
Lihat Detail »

JUAL JAHE BUBUK MANFAAT JAHE BAGI K

Rp (Hubungi CS)
Detail
Order Sekarang » SMS : 081234.100.868 (Telkomsel) / 085.859.859.810 (Indosat)
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangJUAL JAHE BUBUK MANFAAT JAHE BAGI KESEHATAN
Harga Rp (Hubungi CS)
Lihat Detail »

DAUN BUAH SIRSAK MANFAAT SEBAGAI AN

Rp (Hubungi CS)
Detail
Order Sekarang » SMS : 081234.100.868 (Telkomsel) / 085.859.859.810 (Indosat)
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangDAUN BUAH SIRSAK MANFAAT SEBAGAI ANTI KANKER LEBIH KUAT DARI KEMOTERAPI
Harga Rp (Hubungi CS)
Lihat Detail »

OBAT OBAT ALAMI UNTUK PENYEMBUHAN P

Rp (Hubungi CS)
Detail
Order Sekarang » SMS : 081234.100.868 (Telkomsel) / 085.859.859.810 (Indosat)
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangOBAT OBAT ALAMI UNTUK PENYEMBUHAN PSORIASIS
Harga Rp (Hubungi CS)
Lihat Detail »

MANFAAT KUNIR KUNYIT ANTIBIOTIK KOL

Rp (Hubungi CS)
Detail
Order Sekarang » SMS : 081234.100.868 (Telkomsel) / 085.859.859.810 (Indosat)
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangMANFAAT KUNIR KUNYIT ANTIBIOTIK KOLESTEROL PSORIASIS MENCEGAH KANKER
Harga Rp (Hubungi CS)
Lihat Detail »

Mengenal The Gerson Therapy Indones

Rp (Hubungi CS)
Detail
Order Sekarang » SMS : 081234.100.868 (Telkomsel) / 085.859.859.810 (Indosat)
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangMengenal The Gerson Therapy Indonesia Program Penyembuhan Alami dengan Terapi Jus
Harga Rp (Hubungi CS)
Lihat Detail »

Konsultasi Kesehatan Gratis Berbaga

Rp (Hubungi CS)
Detail
Order Sekarang » SMS : 081234.100.868 (Telkomsel) / 085.859.859.810 (Indosat)
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangKonsultasi Kesehatan Gratis Berbagai Penyakit Mematikan The Gerson Therapy Indonesia
Harga Rp (Hubungi CS)
Lihat Detail »

Rekening Bank

resi pengiriman

Print & Download Katalog

HOTLINE SERVICE

(0341) 9653.888 (Flexi) 081234.100.868 (Simp) 085.859.859.810 (IM3) 0818.0515.4000 (XL) PIN:76A2E989 apotekherbal@yahoo.com

by:GRAHA HERBA GLOBALINDO

Jl. Kapi Sraba Raya, Kav. 13F/41 Sawojajar-2 Malang - Jawa Timur

Keranjang>>
(0341) 9653.888
081234.100.868 (Telkomsel) / 085.859.859.810 (Indosat)
76A2E989
0818.0515.4000 (XL)